Posted in Uncategorized

UTANG

Anakku, hidup itu selalu berganti dari hal yang disukai menjadi hal yang tidak disukai dan begitupun sebaliknya. ada saat ketika kondisi kita lapang dan pada masa yang lain, kita dalam kondisi sulit. terkadang pula tiba-tiba saja kebutuhan meningkat. disaat seperti itu, kita butuh bantuan orang lain dan satu-satunya jalan adalah berutang.

ada beberapa hal dalam hidup yang sebisa mungkin kita hindari. Saya sendiri memasukkan utang sebagai sesuatu yang akan kutempatkan pada pilihan terakhir ketika kebutuhan mendesak. banyak alasan Nak yang membuatku menjadikan utang sebagai solusi paling bontot ketika kebutuhan meningkat.

ini cuma bincang-bincang ringan antara kita ya Nak. jadi gini ceritanya, orang yang memberi utang itu akan merasa berjasa kepada orang diberi pinjaman bahkan terkadang semena-mena dan rahasia terbesarnya juga Nak bahwa ketika Manusia memberi pinjaman, selalu mereka ingat seumur hidup sehingga selalu merasa berjasa. ini dari sisi orang yang memberi pinjaman. sedangkan dari sisi orang yang berhutang, Mereka selalu merasa segan terhadap orang yang telah memberi hutang bahkan jika perlu akan melakukan segala hal untuk menyenangkan orang tersebut dan yang terakhir, orang yang berhutang terkadang cepat melupakan bahwa Mereka pernah berhutang kepada si “Anu” ketika hutangnya sudah lunas.

Anakku, selalu ketika Saya menceritakanmu suatu hal, pasti ada Asbabun Nuzulnya, Yaelahh kayak ayat aja ya Nak. he.he. tetapi ini serius, Saya terlintas menulis tentang utang karena ada pengalaman Nak, bukan Saya tentunya. nantilah Saya ceritakan kepadamu secara detailnya namun secara singkatnya, utang itu tidak mengenal hubungan darah Nak. utang tetaplah utang dan terkadang persaudaraan menjadi renggang masalah utang jadi suatu saat jangan anggap remeh utang meski dengan keluargamu sendiri.

Saya selalu memohon kepada Sang Maha supaya Saya dilindungi dari hutang. salah satu hal paling mengerikan di dalam hidup Saya. untuk contoh pribadi Saya aja kalau memberi hutang kepada orang lain, sangat sulit untuk melupakannya apalagi mengikhlaskannya ketika orang tersebut tidak kunjung melunasinya.

IMG_20160225_165225
Masukkan keterangan

utang itu bumerang Nak. tempatkanlah ia pada pilihan terakhir ketika Kau butuh sesuatu yang mendesak. jangan menggampangkan dirimu berhutang bahkan bukan hanya cuma masalah uang loh Nak termasuk juga masalah utang jasa.

Rawamangun, 23 Februari 2016

Advertisements

Author:

Belajarlah menjadi Manusia, jangan pernah belajar menjadi Tuhan. jadilah Anugerah semesta yang membuat bahagia segenap makhluk. zen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s