TRAKTIRAN

“Namanya Saya si A, biasa dipanggil si B namun lebih senang dipanggil makan.” guyonan ini sebenarnya paling umum yang dilontarkan oleh beberapa orang yang mencoba melucu saat memperkenalkan diri.

Nak, setiap orang suka ditraktir, diajak makan dan dibayarin makanannya. itu hal yang lumrah. namun jika boleh kita berbagi nasehat Nak, lebih baik hindarkan diri dari kebiasaan ditraktir. toh agama yang kita yakini pun menganjurkan lebih “Lebih baik tangan di atas daripada tangan di bawah.”

dulu pun Saya senang jika ada yang memberi sesuatu ataupun diajak makan gratis namun makin ke sini, Saya menyadari bahwa kebiasaan itu tidak terlalu baik untuk karakter kita Nak. percayalah bahwa orang yang sering menerima pemberian, hadiah, ataupun ditraktir akan berkurang wibawanya di depan orang yang memberinya sesuatu.

Saya tidak sedang bermaksud untuk mengajakmu menolak itikad baik seseorang yang ingin memberi sesuatu namun dalam hal ini, yang Saya maksud ketika ditraktir ataupun diberi sesuatu sudah menjadi kesenangan bahkan sering berharap.

Ah Nak. kita cuma perlu banyak belajar dari diri ketika. setiap hal yang dilalui. Saya yakin pada namanya bisikan hati. ketika hati mengatakan tidak maka jangan sekali-kali melanggar.

Maksud Saya gini loh Nak. kalau melakukan sesuatu atau apapun itu eh contoh konkret aja ding. misalnya ada temannya yang membayar makananmu di warung, maka rasakan saja hatimu, jika tidak enak maka tolak lah namun jika hati mengatakan tidak apa-apa maka terimalah.

dalam artian begini loh Nak, hati itu saling terhubung, jika ada perasaan ganjil di hati saat berinteraksi dengan orang lain maka kemungkinan besar ada yang tidak cocok dengan niatan orang lain tersebut.

Ah, susah banget ngjelasin Nak. nanti hal-hal seperti ini adalah pengalaman tiap orang dan itu berbeda bagi masing-masing pribadi.

Pulogadung, Mei 2016

Leave a Reply

