Nenek

Saya sebenarnya ingin menulis banyak sesaat setelah membaca judul artikel ini. namun setelah membaca isinya, saya jadi malas mengulas karena toh isinya hanya berapa paragrap yang disusun atas dasar asumsi-asumsi si penulis.

saya tidak sedang mencari pembenaran nak, atau kalaupun ini dianggap sebagai pembenaran, tidak jadi soal bagiku.

memang sehari harinya, kau dirawat oleh nenekmu, saya dan ibumu bekerja sampai menjelang malam. jikalau memang ada yang menganggap hal tersebut sebagai sebuah bentuk eksploitasi seorang Nenek dan patut dihukumi dengan dosa besar, maka kami siap akan konsekuensinya.

tetapi ada banyak  hal yang harus kau tahu Nak tentang nenekmu. sebelum menikah dengan Ibumu, dia sudah mengultimatum bahwa nantinya dia ingin merawat anak-anak dari ibumu dan kau adalah salah satunya.

Suatu waktu, beberapa hari menjelang kelahiranmu, saya menyarankan supaya nenekmu tidak usah terlalu memikirkanmu dan saya berencana hired orang lain untuk merawatmu. namun apa reaksi nenekmu saat itu?

dia begitu sedih mendengar rencana saya bahkan merasa sudah tidak dianggap. dengan perasaan sedih, dia berujar “baiklah kalau memang saya tidak diizinkan merawat Damar.!!

Nah kalau sudah seperti itu, apakah saya tidak lebih berdosa lagi membuatnya sedih.

kita seringkali menjustifikasi sesuka kita hal-hal yang nampak dari luar tanpa pernah berusaha untuk tahu lebih motif dari setiap kejadian.

artikel diatas terburu-buru menghukumi suami isteri yang sibuk bekerja dan anaknya dirawat oleh neneknya. padahal yang sebenarnya terjadi adalah kebanyakan dari seorang nenek menikmati masa tuanya bersama cucu-cucunya.

memang sih beberapa kali nenekmu merasa capek kemudian seringkali saya tawarkan supaya saya cari orang lain untuk merawatmu namun dia selalu menolaknya. kalau sudah seperti itu, apakah saya harus memaksanya berhenti menjagamu supaya saya terlepas dari dosa besar..???

26 10 16

Leave a Reply

