Posted in Uncategorized

hiduplah dengan penuh kasih

يَا

Nak, ada gadis mungil yang meninggal akibat lembaran bom molotov dari seorang manusia yang sedang “berjihad.”

nama lengkap gadis kecil itu Intan Olivia Marbun. umurnya baru 3 tahun. dia mengalami luka bakar 75 persen setelah terkena lembaran bom dari seorang pengecut.

entah ajaran apa yang sedang pelaku pertontonkan dengan cara membunuh anak-anak yang sedang asyik bermain menunggu orang tua mereka beribadah.

Nak, saya sebenarnya tidak tega menceritakan kepadamu kekejaman-kekejaman yang sering dilakukan oleh manusia atas nama agama, namun begitulah adanya dunia ini nak. masih banyak orang yang membunuh karena menganggap bahwa cara itu yang akan membawa mereka ke jalan menuju syurga.

Nak, nanti kalau belajar agama, mulailah dari cinta. ketika ada yang mengajarimu membenci agama lain, jangan percaya nak.

memang ada bagian-bagian dimana kita harus tegas pada prinsip agama yang diyakini namun menurutku, bagiannya tidak terlalu besar.

tidak apalah saya sebutkan beberapa referensi kyai yang menurutku mengajarkan agama dengan cinta. kau boleh cari rujukan karya Gus dur, Gus Mus, Cak Nun, Syafii Maarif dan para kyai yang berpikir seperti mereka.

sekali lagi nak, jangan suka membenci.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ

عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ 

“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

(Al-Ma’idah 8)

14 11 16

Advertisements

Author:

Belajarlah menjadi Manusia, jangan pernah belajar menjadi Tuhan. jadilah Anugerah semesta yang membuat bahagia segenap makhluk. zen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s