Posted in Uncategorized

Lagi dan lagi

jika suatu waktu kau menjumpai forum yang membahas masalah benar salah dari perspektif politik, maka saran saya tinggalkan forum itu nak.

beberapa hari ini, saya begitu muak dengan percakapan politik, entah itu di dunia maya maupun di dunia nyata meski sebenarnya sih dua-duanya dunia nyata.

semua orang seperti berlomba-lomba mendeklarasikan kebenarannya dari sudut pandang politik, yo kan lucu. tidak ada benar salah di mata politik, yang ada hanya kepentingan entah kepentingan perut maupun kepentingan kekuasaan.

masih ingat kan riuhnya fenomena 411 jumat yang lalu? baunya belum juga hilang sampai sekarang. masih saja banyak yang bertebaran debat kusir yang berebut kebenaran antara yang pro maupun kontra. benar-benar memuakkan.

saya sama sekali tidak punya tendensi apa-apa tentang isu 411 namun hampir saja kepalaku remuk oleh ributnya para bedebah yang berebut klaim kebenaran entah dari kelompok yang ikut aksi ataupun yang memilih kontra dengan aksi tersebut.

saya percaya bahwa masih banyak yang pro aksi 411 atas dorongan murni dari nurani mereka dan tidak berkoar-koar. saya hanya muak pada mereka yang seakan sudah paling suci karena mendukung aksi 411. dan juga saya muak pada mereka yang kontra dengan aksi 411 dan sudah seakan paling toleran dengan memamerkan beribu argumen di medsos untuk mendukung klaim mereka.

intinya, para fans fanatik dari kubu pro maupun kontra sama-sama memuakkan.

saya respect pada kubu pro maupun kontra yang tidak provokatif dan mendasari sikap mereka atas analisa yang rasional tanpa harus terlalu ribut untuk mengklaim bahwa mereka yang paling benar.

suatu saat jika ada yang tanya bagaimana sikap ayahmu tentang aksi 411, maka itulah jawabannya di atas nak.

14 12 16

Advertisements

Author:

Belajarlah menjadi Manusia, jangan pernah belajar menjadi Tuhan. jadilah Anugerah semesta yang membuat bahagia segenap makhluk. zen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s