orang Baik

“Seseorang yang rajin shalat, ngaji, sedekah dan lain-lain, belum bisa dikatakan baik bila masih suka menipu dan memiliki sifat iri hati.” Prof Quraish Shihab.

kalimat di atas saya copot dari status salah seorang anak Kyai Mustafa Bisri.

seringkali saya bercerita nak bahwa di wilayah yang tidak prinsipil, kau boleh mendebatku ataupun bahkan tidak setuju dengan pendapatku namun ketika sudah masuk dalam ranah prinsipil maka sudah tidak ada perdebatan.

kita harus keras kepada diri atas nilai-nilai prinsip yang diyakini. berkata dan berlaku jujur adalah salah satu prinsip yang harus kita pegang nak. Jujur dalam setiap hal kecuali dalam 3 hal. Bohong kepada Isteri untuk menyenangkannya, bohong dalam situasi perang dan berbohong demi mendamaikan orang yang sedang bertikai.

jangan sekali-kali permisif pada hal-hal yang prinsipil.

saya bersepakat pada tema besar yang selalu diangkat Aa Gym dalam setiap ceramahnya tentang manajemen Qalbu, bagaimana kita selalu perfokus pada hal-hal yang tak terlihat dalam diri kita seperti membersihkan hati. pekerjaan tersebut butuh perjuangan keras dan tidak instan. butuh bertahun-tahun untuk mencapai puncak keberhasilan dalam berdamai dengan diri.

Nak, ingat-ingatlah kataku. jauhkan dirimu dari iri hati, dengki, sombong dan semua penyakit yang menyerang nurani. manusiawi jika perasaan seperti iri hati hinggap di dalam diri kita namun jangan berlama-lama menyimpannya.

Dalam mengajak kebaikan, bersikap keraslah kepada diri sendiri dan lemah-lembutlah kepada orang lain. Jangan sebaliknya.” Kyai Mustafa Bisri

29 12 16

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s