Nenek

Damar memperhatikan dengan seksama Ibunya yang baru saja pulang kantor di hari yang sudah gelap. Dia selalu menyimpan tanya atas rutinitas Ibunya yang harus berangkat pagi dan pulang selarut ini namun tak pernah sekalipun Damar memberanikan diri menanyakan hal tersebut secara langsung ke Ibunya. Dia tidak tega melukai perasaan Ibunya yang banting tulang mencari nafkah untuk membeli kebutuhannya. Popok, susu, bubur dan semua kebutuhan hidupnya yang berasal dari keringat Ibunya. Damar hanya bisa menangis ketika haus atau mengantuk dan sesekali tertawa ketika ingin menghibur Ibunya yang keletihan.

Saiki ora iso disambi, dedek e wes kuat guling-guling. Bantal e ditendang.” 

Samar-samar Damar mendengar neneknya bercerita kepada Ibunya. Polahnya yang semakin aktif dan tenaganya yang sudah mulai kuat membuat Damar tidak betah jika hanya berbaring.

Nek shalat dijamak wae lah. Areke ora kenek ditinggal.”

Damar sedih mendengar Neneknya kelelahan menjaganya setiap hari namun nalurinya pun tidak bisa dilawan. Damar akan selalu berusaha tumbuh secara alamiah dan melakukan hal-hal yang lazimnya seorang bayi. Meski demikian, Dia terkadang iba melihat neneknya yang harus menguras tenaga merawatnya mulai dari memandikannya, menyuapinya,menggendong ketika rewel sampai menidurkannya.

Hal itu pula yang menumbuhkan keterikatan perasaan dalam jiwanya. Damar dengan spontan menangis ketika bangun tidur dan tidak melihat neneknya di sampingnya bahkan Damar sama sekali tidak mau tidur jika bukan neneknya yang menidurkannya.

Melihat perjuangan neneknya, diam-diam dalam hatinya, Damar berjanji suatu saat akan membahagiakan neneknya. Dia akan melakukan hal-hal baik yang membuat neneknya bangga kepadanya.

4 4 17

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s