Bombo

Damar asyik mendengarkan cerita Ayahnya duduk di dalam baby walker sambil mengemut dot yang sudah habis isinya.

“Nak, dulu saat Ayah kecil, Ayah sering keluyuran sepulang sekolah. terkadang ke hutan, sungai dan spot lain yang familiar di kampung.” Ayah mulai membuka cerita

Ayah dan teman-teman sering lupa waktu sehingga orang tua khawatir. kami bermain sepanjang waktu dan baru beranjak pulang rumah ketika hari sudah gelap. seringkali mendapati ibu yang sudah menahan amarah namun tetap saja, kami selalu mengulanginya.

merasa tidak berhasil dengan cara memarahi, para orang tua di kampung kemudian mencari cara lain supaya anak-anak seumur Ayah tidak lupa waktu saat bermain. entah siapa yang punya ide, namun tiba-tiba saja beredar cerita tentang makhluk halus yang sering menyasar anak-anak sebagai korbannya.

Paccepo adalah jenis makhluk halus yang bergentayangan di siang hari yang bolong dengan membawa karung. sasarannya adalah anak-anak. Paccepo mengambil kepala anak-anak yang kemudian dimasukkan ke dalam karung.

ada juga Bombo. jenis makhluk halus ini beroperasi pada malam hari dan kemungkinan besar sejenis pocong namun lebih umum. jika pocong adalah mayat yang menakut-nakutin orang, maka jenis bombo ini bisa dikategorikan pocong namun bisa juga berwujud setan atau makhluk halus lainnya yang suka mengganggu manusia.

Jenis lainnya ada Longga. digambarkan sebagai sosok makhluk halus yang bertubuh sangat tinggi dan menjadi momok bagi anak-anak yang berkeliaran pada siang bolong.

Nak, sejujurnya dulu Ayah termakan isu tersebut sehingga jika orang tua sudah menakut-nakuti maka Ayah lebih memilih untuk tidur siang.

Masa kecil kita berbeda nak. kau lahir dan tumbuh di kota besar sedangkan Ayah di pelosok Desa. ada cara pandang berbeda dalam menjalani masa pertumbuhan kita namun satu hal yang perlu kau tau bahwa Ayah tidak akan menakut-nakutimu tentang apa saja. Ayah pun tidak akan pernah melarangmu untuk hal-hal yang tidak prinsipil hanya saja Ayah ingin kau lebih berani mengutarakan apa saja isi hatimu.

25 4 17

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s