Yaumul Milad

rentang waktu dari tanggal 24 Juni ke 3 Juli.

Telat, iya bahkan sangat amat terlambat untuk sekedar menulis tentang setahun perjalananmu menjadi seorang anak dariku.

meski belum bisa memanggilku dengan sebutan Ayah, Bapak, Pace, Papa atau sebutan yang sepadan dengan orang tua laki-laki, namun dari tatapan wajahmu setiap melihatku, Aku yakin bahwa kau sudah mengerti bahwa Aku adalah perantara dari Tuhan yang menghadirkanmu ada di dunia ini.

Minggu lalu, sehari sebelum hari raya idul fitri 1438 H tepatnya tanggal 24 Juni 2017, kau menggenapi satu tahun perjalananmu sebagai manusia. belum banyak hal yang bisa kuceritakan kepadamu atas kebersamaan kita namun juga tidak sedikit momen yang membuatku bahagia bersamamu setahun terakhir. kau benar-benar menjelma menjadi malaikat kecil yang menggelorakan semangat hidupku yang terkadang fluktuatif.

Masih segar dalam ingatanku setahun lalu pada hari Jumat, beberapa jam sebelum kau keluar dari rahim Ibumu. saat itu Aku sedang berada di kantor BKI jakarta Utara dalam rangka tugas kantor. Nenekmu menelepon bahwa Ibumu sudah masuk rumah sakit sesaat setelah pulang jalan pagi dan ada flek darah keluar dari perut Ibumu.

Aku berprasangka baik bahwa sebentar lagi kau akan hadir menemani hari-hari kami. tanpa pikir panjang, Aku memesan tiket kereta dari Gambir ke Madiun. sesaat setelah pamit pulang cepat di kantor, Aku lantas ke Stasiun Gambir menunggu keberangkatan kereta. seingatku kereta Gajayana yang berangkat pukul 17:40 WIB.

Beberapa menit kereta meninggalkan stasiun Gambir, Nenekmu mengabariku bahwa kau sudah keluar dari perut Ibumu. sesuai perkiraan Dokter, kau berjenis kelamin laki-laki.

Aku sudah tidak bisa mengingat bagaimana ekspresi perasaanku saat mengetahui kau sudah lahir satu hal yang ada di benakku ingin secepatnya sampai di Madiun dan mengadzanimu.

Aku tiba di Stasiun Madiun Pukul 04:00 lebih beberapa menit. setelah menuntaskan sahur dengan hidangan nasi pecel di depan Stasiun Madiun, Aku bergegas ke rumah sakit Islam Siti Aisyah Madiun tempat dirimu dilahirkan.

Selangkah memasuki kamar inap, Aku memandangmu dengan kulit yang sudah dibersihkan, mengambil wudhu kemudian mengadzanimu.

Terkesan seperti drama namun begitulah cerita setahun yang lalu pada saat momen kelahiranmu. kemudian tanpa terasa, waktu membawamu ke masa sekarang menggenapi usiamu yang menginjak setahun.

Aku dan Ibumu lumayan terbantu dengan nenekmu yang ikut mengurusi segala tetek bengek tentangmu. meski Aku sendiri seringkali merasa bersalah akan keadaan seperti ini namun bagaimana lagi, kondisi seperti ini adalah kemauan nenekmu.

Selama di Jakarta, kita sudah dua kali pindah kontrakan. awal kedatanganmu di sini, kita mengontrak rumah di daerah Mampang, kemudian pindah ke daerah Cilandak karena pertimbangan kontrakan di Mampang terlalu sempit jika harus ditempati 4 anggota keluarga.

Awal pindah ke Cilandak menjadi cerita tersendiri. kau mengalami demam yang sangat tinggi setelah 2 minggu menempati rumah tersebut. bahkan kau harus dirawat di rumah sakit selama 3 hari. tidak tega rasanya melihatmu harus ditusuk jarum infus beberapa kali namun kami tidak punya alternatif lain ketika panas badan mencapai 40′ C.

Setelah momen tersebut, selanjutnya perkembanganmu sudah membaik. meski sampai sekarang badanmu memerah ketika suhu terlalu panas atau terlalu dingin namun menurutku hal tersebut masih normal.

Dan sekarang setahun telah berlalu. tidak banyak harapanku terhadapmu kecuali hal-hal baik. harapan tentang kesehatan, kebahagiaan dan keselamatanmu. menjadi anak yang baik apapun pilihan hidupmu yang merupakan opsional.

Aku ingin melihatmu tumbuh besar dengan sehat dan bahagia.

Oh iya, minggu lalu kita mudik ke kampungku dan merupakan pertama kalinya kau menghirup udara di kampungku namun cerita ini akan kuceritakan kepadamu di artikel tersendiri.

Yaumul  Milad Nak Damar Kahuripan Semesta,

Sehat dan bahagia selalu.

030717

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s